top of page

News Title

Memberi kepada Allah

Markus 14 : 22-29

2024-04-19

Bacaan Alkitab hari ini. merupakan ringkasan khotbah Musa yang membahas tentang persepuluhan tahunan (14: 22-23). Pengajaran
tentang persepuluhan juga terdapat dalam Imamat 27:30-33 dan Bilangan 18:21-32. Persepuluhan hasil ladang dan anak sulung ternak harus dipersembahkan kepada TUHAN dan harus dimakan bersama keluarga dan dengan orang Lewi yang bertugas di tempat yang dipilih TUHAN sebagai pusat ibadah (Ulangan 14:23a; 12:6-12). Jika letak tempat peribadatan sangat jauh sehingga sulit untuk membawa hasil bumi dan ternak, persepuluhan bisa diuangkan, dan uangnya dibawa untuk dibelanjakan di tempat yang ditentukan TUHAN itu. Musa juga mengatakan kepada bangsa Israel agar tidak melupakan orang-orang Lewi di kota-kota mereka. Tiga tahun sekali, ada persepuluhan yang diberikan khusus untuk orang Lewi dan orang yang membutuhkan bantuan makanan di lingkungan mereka (14:24-29).
Persepuluhan memiliki beberapa tujuan penting. Pertama, persepuluhan merupakan pengakuan bahwa hasil pertanian dan ternak berasal dari Allah. Kedua, persepuluhan merupakan sumber daya yang dibutuhkan untuk pemeliharaan tempat ibadah dan pemenuhan kebutuhan para pelayan Allah. Ketiga, persepuluhan dimaksudkan “supaya engkau belajar untuk selalu takut akan TUHAN” (14:23b). Takut akan TUHAN dalam Perjanjian Lama merupakan respons dasar terhadap Allah dan hampir setara dengan apa yang disebut dalam PB sebagai kepercayaan. Disiplin memberi persepuluhan meneguhkan dan membangun penyerahan diri seseorang kepada Allah. Saat kita terlalu asyik dengan hal-hal duniawi, kita bisa mengabaikan wewenang Allah untuk mengatur hidup kita Namun, kebiasaan memberi persepuluhan akan mengingatkan kita dan menegaskan bahwa Allah adalah yang terpenting bagi kita.
Sam Houston (1793-1863) adalah seorang negarawan dan komandan militer Amerika Serikat yang memimpin perjuangan kemerdekaan Texas dari Meksiko, sampai bergabungnya Texas ke dalam Amerika Serikat. Kota Houston dinamai untuk menghormati dia. Pada suatu hari, dia bertobat dan dibaptis. Setelah itu, kehidupannya berubah. Ia tidak lagi kasar, tidak suka berperang, namun cinta damai dan puas. Mereka yang mengenalnya sangat terkejut ketika dia dibaptis. Setelah dibaptis, dia menawarkan untuk membayar setengah gaji pendeta setempat. Ketika seseorang menanyakan alasannya, dia menjawab, “Dompet saya juga sudah dibaptis!” Memberi adalah pertanda baik bahwa seseorang telah benar-benar bertobat. Apakah Anda telah belajar untuk memberi persepuluhan kepada Allah?

bottom of page