top of page

News Title

Berduka untuk Raja yang Diurapi Tuhan

2 Samuel 1

2024-08-22

Daud punya banyak alasan untuk tidak ikut berduka atas kematian Saul yang selama ini telah berulang-ulang berusaha untuk membunuhnya. Bisa dimengerti bila Daud merasa gembira karena kematian Saul akan memudahkan jalan baginya untuk menjadi raja atas Israel. Namun, bacaan Alkitab hari ini menunjukkan reaksi yang di luar dugaan. Daud dan semua orang yang bersama dengan dia meratap, menangis, dan berpuasa sampai matahari terbenam karena kematian Saul dan Yonatan, serta karena orang Israel yang gugur oleh pedang dalam peperangan (1:11-12). Bagi mereka, Saul bukan musuh, tetapi tetap raja yang diurapi TUHAN, dan Yonatan adalah saudara serta sahabat yang
setia.
Apakah berduka menunjukkan kelemahan? Banyak orang berusaha tegar untuk menutupi perasaan mereka saat mereka berduka. Padahal, mengekspresikan rasa duka dapat menolong kita menghadapi tekanan yang disebabkan rasa sedih yang mendalam saat orang yang kita kasihi meninggal dunia. Bagaimana cara Daud mengekspresikan rasa dukanya? Ia bukan hanya meratap, menangis, dan berpuasa, tetapi ia juga berusaha mencari kebenaran fakta dari peristiwa duka yang disampaikan kepadanya (bandingkan dengan 1 Samuel 31:3,4). Daud menghukum si pembawa berita kematian Saul karena orang itu telah membunuh Saul, orang yang diurapi Tuhan (1:14-16). Berduka bukan tanda kelemahan, melainkan tanda kekuatan, yaitu bahwa seseorang menghargai arti kehidupan dan bisa bersimpati serta berempati terhadap kehilangan yang dialami orang yang dikasihi, sekalipun semasa hidupnya, orang yang meninggal itu sering menyakiti hati.
Daud mengekspresikan rasa dukanya dengan menggubah sebuah pujian ratapan sebagai penghormatan dan kenangan bagi Saul dan Yonatan. Pujian ratapan ini menggambarkan kehilangan yang besar, sekaligus pernyataan kasih Daud kepada Saul, sekalipun Saul sering berlaku jahat kepadanya. Daud tetap menunjukkan kasih yang tulus terhadap orang yang memusuhinya, yang saat itu telah mati.
Bagaimana cara Anda mengekspresikan rasa duka saat kehilangan orang yang Anda kasihi atau saat orang yang membenci Anda meninggal? Apakah Anda meniru Daud yang memilih untuk menjalani masa duka dengan mengingat kebaikan yang telah Saul lakukan dan tidak mengingat kejahatan yang telah Saul lakukan kepadanya? Apakah Anda pernah mengalami rasa duka yang menghasilkan pengalaman mengam- puni serta menghasilkan pemulihan dan pengharapan bagi orang yang turut berduka di sekitar Anda?

bottom of page