top of page

News Title

Melakukan Apa yang Benar

2 Samuel 3

2024-08-24

Jika ada orang yang berbuat salah, apakah Anda berani memberi teguran? Isboset tidak! Sebaliknya, ia ketakutan saat mendengar
jawaban Abner ketika ia menanyakan mengapa Abner tidur dengan selir Saul, padahal tidur dengan istri atau selir raja bisa dipandang sebagai tindakan merampas takhta Raja Saul, sehingga tidur dengan selir raja bisa dipandang sebagai pengkhianatan. Akan tetapi, Isboset tidak punya kekuatan moral untuk menjaga otoritasnya sebagai raja Israel. Pengaruh Abner terhadap bangsa Israel jauh lebih kuat dibandingkan dirinya.
Sekalipun seseorang memiliki jabatan dan kuasa, tidak mudah untuk berani melakukan apa yang benar. Diperlukan moralitas yang teguh untuk berani menghadapi risiko dan tetap berdiri di atas kebenaran. Mengapa kita harus melakukan apa yang benar? Pertama, melakukan apa yang benar merupakan tanggung jawab kita. Abner menyadari bahwa ia sendiri pun tidak dapat menghindari kenyataan bahwa Daud akan menjadi raja atas seluruh Israel sesuai dengan kehendak TUHAN. Oleh karena itu, ia berunding dengan para tua-tua Israel agar mereka mendukung Daud. Kedua, keberanian melakukan apa yang benar menunjukkan kesediaan membuang peluang untuk mengutamakan keuntungan pribadi. Abner bisa saja merampas kekuasaan dan menjadi raja Israel karena kepemimpinan Isboset sangat lemah. Daud bisa saja membunuh Abner sewaktu mereka menjalin kesepakatan. Mereka membuang peluang yang mereka miliki karena mereka berusaha melakukan apa yang benar. Sebaliknya, Yoab-lah yang mencari keuntungan dengan membunuh Abner secara keji sebagai balas dendam atas kematian Asael, adik Yoab.
Bagaimana Anda mempraktikkan kebenaran dalam kehidupan Anda? Kadang-kadang, kita tahu apa yang benar, tetapi mungkin kita tidak bereaksi saat terjadi ketidakbenaran di sekitar kita. Kita cenderung untuk lebih takut bila zona aman dan nyaman kita terdampak, sehingga kita tidak berani mengungkapkan kebenaran. Kita harus berani mengambil risiko untuk mempraktikkan kebenaran dengan cara yang benar, sesuai dengan ajaran Alkitab. Apakah Anda berani untuk selalu berusaha melakukan apa yang benar dengan cara yang benar? Apakah Anda tetap berani melakukan kebenaran saat Anda menghadapi banyak penentang? Apakah Anda selalu berusaha melakukan kebenaran dengan berlandaskan pada kebenaran firman Tuhan? Kita yang telah dibenarkan oleh-Nya juga akan dimampukan untuk melakukan apa yang benar. Jangan Anda menunda untuk melakukan apa yang benar!

bottom of page