top of page

News Title

Meminta Petunjuk Tuhan

2 Samuel 2

2024-08-23

Sekalipun Daud tahu bahwa ia akan menjadi seorang raja, dan tampaknya saat itu segera tiba setelah kematian Saul, ia tidak berusaha mewujudkan kekuasaannya dengan kekuatannya sendiri. Daud meminta petunjuk TUHAN tentang apa yang harus ia lakukan (2:1). Meminta petunjuk adalah hal yang biasanya dilakukan ketika kita memerlukan bimbingan atau tuntunan terkait dengan bagaimana kita melangkah atau bagaimana kita mempertimbangkan sesuatu sebelum mengambil keputusan. Kita bisa meminta petunjuk pihak yang kita segani dan hormati, yang kita tuakan, atau yang dikenal karena hikmat dan kebijaksanaannya. Sebagai orang percaya, kita perlu meminta petunjuk TUHAN sebelum kita melangkah atau memutuskan untuk
melakukan suatu hal.
Mengapa meminta petunjuk TUHAN itu penting? Pertama, kita meminta petunjuk TUHAN sebagai wujud pengakuan atas otoritas TUHAN terhadap diri kita. Dengan meminta petunjuk TUHAN, kita mengakui bahwa TUHAN adalah pemimpin serta pemilik hidup kita, dan kita adalah hamba-Nya. Daud menyadari bahwa penetapannya sebagai raja adalah karena TUHAN. Oleh karena itu, Daud menundukkan diri di hadapan TUHAN dengan meminta petunjuk-Nya. Kedua, kita meminta petunjuk TUHAN karena kita memerlukan bimbingan dan tuntunan-Nya dalam setiap langkah kehidupan kita. Petunjuk TUHAN agar Daud pergi ke Hebron adalah penting karena Hebron merupakan kota terbesar yang terletak di tengah wilayah Yehuda pada masa itu. Kota itu aman terhadap serangan dan menjadi rute penting bagi perdagangan, sehingga jalur suplai tetap aman sekalipun di masa perang. Petunjuk TUHAN akan membuat kita bisa melihat dan mengalami hal terbaik yang telah TUHAN persiapkan bagi kita, sekalipun apa yang ada di hadapan kita tampaknya adalah sebuah hal yang mustahil.
Meminta petunjuk TUHAN seharusnya menjadi awal dari perjalanan harian bersama dengan TUHAN. Sebagai orang percaya, apakah Anda masih meminta petunjuk TUHAN setiap hari? Saat ini, apakah Anda sedang bergumul dengan penderitaan dan kesulitan? Apakah Anda sedang berjalan mengikuti petunjuk dunia ini? Bagaimana Anda dapat taat kepada petunjuk yang diberikan TUHAN? Saat merasa ragu untuk melangkah, pastikan bahwa Anda meminta petunjuk TUHAN melalui perenungan firman Tuhan dan doa. Berjalanlah bersama TUHAN!

bottom of page